topic 5 : Food Terminologi(5)

TERMINOLOGY

1. Sambal durian

Sambal kok terbuat dari durian? Bagi Teman Foodie yang belum pernah mencobanya, pasti menganggap sambal durian ini rasanya aneh. Tapi ternyata sambal yang terbuat dari durian yang sudah difermantasikan ini sangat terkenal di Sumatera, khususnya Palembang dan Lampung. Bahkan sambal durian yang biasa disebut dengan Tempoyak ini sudah menjadi salah satu makanan khas yang terkenal di Sumatera.
Tempoyak biasanya dicampur dengan sambal terasi dan paling nikmat disantap dengan nasi panas dan ikan. Teman Foodie tidak perlu takut mulut kamu bau durian setelah menyantap sambal durian ini, karena setelah difermentasi, aroma durian yang menyengat tidak akan tercium sama sekali.

2. Lempok durian

Lempok durian memang sudah menjadi salah satu makanan khas di beberapa daerah di Indonesia seperti Bengkulu, Palembang dan Pontianak. Banyak orang menganggap lempok durian ini sama dengan dodol durian, tapi sebenarnya ada perbedaan yang cukup jelas antar keduanya. Komposisi dodol durian lebih didominasi oleh tepung besar dan durian hanya dijadikan sebagai pelengkap rasa. Sementara komposisi lempok durian didominasi oleh daging durian asli yang hanya dicampurkan dengan gula dan sedikit garam untuk memberi sensasi gurih.

3. Surabi durian

Surabi merupakan salah satu kue tradisional asal kota Solo yang terbuat dari campuran tepung terigu dengan santan, yang disantap bersama kuah dengan berbagai pilihan rasa, salah satunya durian. Walaupun tradisional, tapi surabi durian masih cukup digemari oleh berbagai kalangan masyarakat loh, mungkin Teman Foodie salah satunya. Kue surabi yang lembut dipadu dengan saus durian yang terbuat dari daging durian dicampur dengan santan, gula merah dan daun pandan, pasti membuat kamu ingin langsung menyantapnya.

4. Ketan durian

Sama halnya dengan surabi durian, ketan durian ini juga menggunakan saus durian yang terbuat dari daging durian asli, gula merah, santan dan daun pandan. Makanan dari olahan durian yang satu ini akan jauh lebih nikmat jika disantap dalam keadaan yang masih panas. Duh lagi ujan-ujan enak kali yah icip ketan durian :D

5. Kopi durian

Bosan dengan rasa kopi yang gitu-gitu aja? Teman Foodie wajib mencoba sensasi baru menyeruput kopi dengan mencoba kopi durian. Yup Teman Foodie tidak salah baca kok, “kopi durian” ini benar-benar ada dan sangat terkenal di daerah Sumatera Utara. Bagi Teman Foodie yang cinta banget sama durian, pastinya tidak akan nyesel nyobain kopi dengan rasa yang unik ini karena rasa dan aroma duriannya akan benar-benar terasa. Sulit untuk membayangkan kombinasi antara rasa kopi dengan durian

6. Pancake durian

Pancake durian menjadi salah satu makanan dari olahan durian yang paling terkenal. Daging durian yang creamy dipadukan dengan adonan tepung yang agak kenyal, membuat makanan yang satu ini selalu menjadi incaran para pelancong saat berkunjung ke kota yang terkenal dengan durennya, Medan. 

7. Sop durian

Jangan salah Teman Foodie, sop yang satu ini tidak dimasak seperti kebanyakan sup yah. Sup durian ini justru disantap dalam keadaan dingin dicampur dengan es serut, kacang merah, alpukat dan susu. Soal rasa udah pasti nggak diragukan. Kebayang kan  gimana rasanya menyantap sop durian kalau lagi kepanasan.

8. Coklat durian

Menyantap coklat durian merupakan salah satu cara modern untuk menikmati durian. Paduan antara rasa coklat yang manis dan durian yang legit pastinya akan memberikan sensasi berbeda saat lumer di mulut kamu. Kalau Teman Foodie seorang pecinta coklat dan durian sejati, dijamin tidak bakalan nyesel deh nyoba cemilan manis yang satu ini.

9. Es krim goreng durian

Sudah pernah mencoba roti goreng berisikan es krim durian di dalamnya? Kalau belum, Teman Foodie wajib merasakan sensasi renyah pada bagian luar roti serta sensasi empuk dan dingin pada bagian dalam yang berpadu dengan rasa duren yang creamy. 

10. Durian bakar

Ubi bakar udah biasa, jagung bakar juga udah biasa. Tapi bagaimana kalau duren dibakar? Aneh memang, tapi durian bakar ini benar-benar ada dan menjadi salah satu makanan khas suku dayak di Kalimantan loh. Kalau Teman Foodie penasaran seperti apa rasanya, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke kalimantan. Kamu juga bisa membakarnya sendiri karena proses pembakarannya pun terhitung sangat mudah. Buah durian yang masih lengkap dengan kulit dan durinya diikat di atas tungku api dan dibakar selama kurang lebih 5 menit. Tapi setelah diangkat dari tungku, jangan buru-buru untuk menyantapnya yah, Teman Foodie. Tunggu lah hingga kulitnya agak dingin.
Nah bagi kamu yang tidak terlalu suka dengan aroma durian yang menyengat, durian bakar ini bisa jadi alternatif lain untuk menikmati durian. Karena setelah dibakar, aroma durian tidak akan terasa terlalu menyengat lagi. Yang tertinggal hanyalah rasa durian bakar yang legit. 

sumber: https://www.tokopedia.com/blog/kamu-pecinta-durian-ini-dia-10-makanan-olahan-dari-durian-yang-wajib-dicoba/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Garnish

Topic 1: Daily Activity (Indonesian version)16 april 2019

Terminologi Recipe 1.1