Topic 1: Daily (27 Januari 2020)

Indonesian Version

     Pada hari ini merupakan hari pertama kali praktek di kitchen setelah sehabis training. Tadi pagi kami semua masuk jam 8 pagi, kemudian dikumpulkan di kitchen dan mendengar pak ical menjelaskan tentang tugas tugas yang harus dikerjakan nantinya. Kemudian setelah itu kami lineup dan dibagi menjadi 4 kelompok untuk membuat celebes buffet. Setelah dibagi kelompok , saya mendapat kelompok 3 bersama bernov,aul,mustafani, ahyar, sultan, riska, zakhia.
     Kelompok kami mendapat main course yaitu pallu ce'la , Lawar pakis dan konro bakar . kemudiaan kami membagi tugas , Untuk pallu ce'la di buat oleh aul,riska,mustafani . Untuk lawar pakis di prepare oleh zakhia dan untuk konro bakar di prepare oleh saya,sultan,ahyar dan bernov. Untuk bumbunya dibuat oleh sultan , kemudian untuk brown stock yang membuatnya saya dan bernov
      .Pertama tulang sapi(beef bone) yang dilumuri oleh tomato paste dan juga carrot dibaked sampai kecoklatan kemudian masukkan kedalam air yang mendidih kemudian tambahkan celery dan juga onion yang sudah di potong.Kemudian boil setelah itu simmer 3 jam dan kemudian skim off untuk mengangkat lemak-lemak dan juga busa -busa yang naik diatasnya.kemudian saring stock .Kemudian setelah itu saute bumbu yang sudah dihaluskan kemudian setelah itu masukkan stock kemudian tunggu sampai mendidih lalu masukkan daging setelah itu masak daging selama 3 sampai 4 jam sampaai dagingnya menjadi empuk.
   Konro bakar merupakan makanan khas dari Makassar. Konro Bakar banyak ditemui di kecamatan ujung pandang tepatnya dikawasan lapangan karebosi, Makassar. Konro Bakar Merupakan variasi kering dari sop konro yang muncul pada tahun 2000 an. Konro bakar juga terinspirasi dari masakan modern seperti steak , Walaupun proses memasaknya ala barat tetapi tetap menggunakan bumbu yang berasal dari Makassar . Konro bakar juga dapat disajikan dengan bumbu kacang khas Makassar dengan taburan bawang goreng diatasnya dan kuah sop konro dan juga nasi putih.
Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul Begini Sejarah Lahirnya Konro Bakar di Makassar, https://makassar.tribunnews.com/2017/10/19/begini-sejarah-lahirnya-konro-bakar-di-makassar.
Penulis: Saldy Irawan
Editor: Suryana Anas



Resep Konro Bakar


English Version
       Today is the first day of practice in the kitchen after training. This morning we all came in at 8pm , then were gathered in the kitchen andlisten to the tasks that Pak ical conveys which will later be done. And then, after that we lineup and divided into 4 groups to make a celebes buffet. After being divided into groups, I got group 3 together with Bernov, Aul, Mustafani, Ahyar, Sultan, Riska, Zakhia.
     Our group got the main course, pallu ce'la, Lawar fern, and roasted konro. then we divide the tasks, For pallu ce'la made by aul, riska, mustafani. For lawar fern, it was prepared by Zakhia and for Konro Bakar it was prepared by me, Sultan, Ahyar and Bernov. For marinade made by the sultan, then for brown stock that made by me and Bernov
       First beef bone (beef bone)
greased by tomato paste and carrot baked until brownish then put in boiling water then add celery and onion that has been cut. Then boil ,after that simmer 3 hours and then skim off to remove the fat  and foam that rises on top of it. Then strain the stock. Then after that saute the spice that has been mashed and then add some stock,and then wait for it to boil then add meat after that cook the meat for 3 to 4 hours until the meat becomes tender.
   Konro Bakar is a typical food from Makassar. Konro Bakar is mostly found in the tip of the sub-district, precisely in the Karebosi field, Makassar. Konro Bakar Is a dry variation of konro soup that appeared in the 2000s. The roasted konro is also inspired by modern dishes such as steaks, although the cooking process is western-style but still uses spices that come from Makassar. Roasted konro can also be served with Makassar peanut sauce topping with fried onions topped with konro soup and white rice.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Garnish

Topic 1: Daily Activity (Indonesian version)16 april 2019

Terminologi Recipe 1.1