Topic 1: Daily(9 maret 2020)

Halooo...

Hari ini hari pertama kami praktek ,seharusnya pada minggu ini merupakan minggu mid praktek , tetapi karena pada hari selasa ada acara di aula  dan harus menyiapkan makanan, mid nya diganti untuk persiapan makanan yang akan di keluar kan pada hari selasa. Jadi hari ini kami prepare dan ada juga sudah di finishing , jadi besok sisa dipanaskan saja.

Kemudian kami di jelaskan mengenai menu menu yang akan kami buat yaitu jellied fruit salad, tahu gejrot,  carrot puree, nasi kuning, bebek goreng cabe ijo, iga toppa lada, sayur lodeh, ikan tuna tumis sambal, kerang asap, fs lontar, red velvet , baked cheese cake.Kemudian kami prepare untuk 60 pax.

Kemudian setelah itu kami di bagi tugas ,kemudian kelompok saya mendapat sayur lodeh, ikan tuna tumis sambal dan juga kerang asap. dan kemudian kami membagi tugas untuk prepare ,kemudian saya dan juga riska menyiapkan sayur lodeh, isi dari sayur lodehnya wortel,kentang, buncis dan juga pepaya muda yang semuanya di potong jardinier.

sayur lodehnya di finishing hari ini ,jadi besok sisa di panaskan saja.Jadi pertama untuk sayur lodehnya mempunyai bumbu yang merupakan campuran dari bawang putih,bawang merah, lengkuas, kemiri, dan juga cabe merah besar yang di blender jangan sampai terlalu halus, kemudian setelah itu bumbunya di saute sampai aromanya keluar , kemudian masukkan bumbunya kedalam kain dan di ikat , jadi nanti bumbunya hanya akan diambil sari sarinya jadi nantinya tidak akan di saring lagi.



Kemudian setelah itu pertama masukkan kentang dan juga pepaya muda yang telah dipotong jardinier kemudian tambahkan air sampai melebihi bahan kemudian juga masukkan bumbu dan juga beef bone yang telah di blanch terlebih dahulu.

kemudian setelah itu , jika kentang dan juga pepayanya sudah setengah matang kemudian turunkan wortelnya dan kemudian setelah itu tambahkan santan,daun salam dan juga seasoning  dan terakhir baru akan di masukkan buncisnya.


Karena pada hari ini saya mendapat jadwal steward, jadi setelah itu saya mencuci peralatan dan juga membuat anak bangsa. Setelah itu , general cleaning  dan kemudian setelah itu kami pulang.


Terminologi sayur lodeh


Di Jawa sayur ini terkenal dengan hidangan yang bergizi karena berisi dari berbagai sayuran dan rempah-rempah. Sayur ini juga akrab dijuluki “jangan lodeh” (jangan = sayur).

Banyak orang menduga bahwa, sayur lodeh berasal dari Jawa karena rasa dan model masaknya sangat khas Jawa. Tapi sebenarnya sayur Lodeh itu berasal dari Betawi. Tidak percaya? Coba simak sejarah sayur/jangan LODEH berikut.

Pada masa penyerangan Mataram ke Batavia pada beberapa abad yang lalu, Sultan Agung menggunakan taktik “tarik pasukan” artinya menarik pasukan dari berbagai daerah yang dilalui. Beliau mengajak para Jawara Daerah yang dilalui pasukan untuk bergabung dalam penyerangan ke Batavia , sehingga banyak pasukan yang berasal dari Tegal, Purwokerto, Cilacap, Bandung, Cirebon, Bogor, Betawi, dll.

Namun Pasukan Hindia memiliki strategi yang jitu, yang intinya mereka melumpuhkan basic logistik Mataram dengan membakar Gudang Bahan Makanan dan mengancam juru masak untuk tidak membantu Sultan Agung dan pasukannya.

Pada rangkaian penyerangan tsb, alkisah di belantara Jatinegara terdapat 1 kompi pertahanan dari Mataram yang sedang kelaparan, mereka tidak memiliki bahan makanan apalagi juru masak. Maka mereka mendapat ide untuk memasak sendiri dengan mencampur sayur-sayuran dan bumbu2 yang mereka dapatkan disekitar hutan itu. dan akhirnya mereka memasak dengan sembarang dan memakannya.

Ternyata campuran2 mereka itu memiliki rasa enak. Berikut cuplikan dialog mereka:
Prajurit Jogja: Wah Sayure akeh banget..tapi jebul enak..kira-kira Dijenengke apa sayur iki (Sayurnya banyak bgt, dan tyt enak, kira2 dinamakan sayur
apa/)
Prajurit tegal : iyak..nyong ngrasa enak juga..wetengku rak kencot maning (iya aku ngrasa enak juga..perutku jadi ga lapar lagi)
Prajurit bandung : Tos ulah raribut wae ? ayena kumaha ceuk maneh Bet (Sudah jangan pada ribut, sekarang bagaimana menurut mu Bet–nama prajurit Betawi–)
Prajurit Betawi : Yeee, kok guwe yang ditanye namenye ape… ye Terserah Loe dech…
Prajurit Bogor : naon angen LOE DECH…??
Prajurit Cirebon : Wah jenenge sayur LOE DEH
Prajurit Jawa (sambil bawa keris) : Ya wis …Sayure sing bar kita makan ini kita beri nama SAYUR LOE DECH…



Maka sejak itu hingga saat ini orang menamakan hidangan tersebut Sayur Loedech atau dilafalkan dalam bahasa Indonesia menjadi SAYUR LODEH.

Catatan Redaksi MAULA: Sejatinya kita tidak tahu seperti apa sayur lodeh yang asli itu sebenarnya. Kalau Betawi mengklaim sayur lodeh itu asli betawi, jelas sayur lodeh buatan dari Sunda, Jawa Tengah dan Jawa Timur itu berbeda isi dan cara pembuatannya. Lodeh Sunda lebih beragam isinya dengan tambahan sayuran dan bumbu. Di Jawa Tengah lain lagi, di kombinasikan dengan penambahan tetelan. Di Jawa Timur juga lain lagi. Jadi, setiap tempat berbeda isi dan cara pembuatannya. Tapi semua sepakat bahwa sayur lodeh bukan berasal dari benua Antartika.

Sedangkan kerak telor jelas asli Betawi, walau sebenarnya pada zaman dahulu penjual kerak telor labih banyak berasal penduduk dari daerah sekitar perbatasan Jakarta dan Bogor (Citayam, Bojong, dsb).

English version

Hasil Telusur

Hasil Terjem

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Garnish

Topic 1: Daily Activity (Indonesian version)16 april 2019

Terminologi Recipe 1.1