Topic 3: Describe ingredients


1.Kapulaga (Cardamon)





Kapulaga adalah sejenis buah yang sering digunakan sebagai rempah (bumbu) untuk masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu. Kapulaga mengandung minyak atsiri, sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena, mirtenal, karvona, terpinil asetat, dan kersik. Aroma sedap dari kapulaga berasal dari minyak atsiri. Dari kandungan tersebut kapulaga memiliki khasiat sebagai obat batuk. Kapulaga juga memiliki khasiat untuk mencegah keropos tulang. Selain itu, kapulaga juga dapat mendetoksifikasi kadar kafein dalam tubuh. Contoh masakan yang menggunakan kapulaga adalah nasi samin.
Beberapa Manfaat Kapulaga Antara Lain:
Meningkatkan Gairah Suami Istri
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Mencegah Impotensi
Mencegah Ejakulasi Dini
Menjaga Kesehatan Pencernaan dan Perut
Menormalkan Asam Lambung
Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Mencegah Pembekuan Darah
Penghilang rasa Sakit
Menjaga Kesehatan Ginjal
Mencegah Stress
Efek Samping dan Bahaya Kapulaga
Sebenarnya pada penggunaan yang normal dan tidak berlebihan, kapulaga relatif aman dikonsumsi. Tetapi jika penggunaan secara berlebihan, kemungkinan akan meningkatkan resiko adanya efek samping seperti alergi, komplikasi batu empedu akibat penyerapan kapulaga yang tidak sempurna karena kelebihan pemakaian dan juga efek interaksi kapulaga dengan obat-obat lain.
Kandungan Ilmiah Kapulaga
Buahnya mengandung minyak atsiri yang terutama mengandung sineol, terpineol, dan borneol. Kadar sineol dalam buah lebih kurang 12%. Di samping itu buah kapulaga banyak mengandung saponin, flavonoida, senyawa-senyawa polifenol, mangan, pati, gula, lemak, protein, dan silikat.
Biji mengandung 3 – 7% minyak atsiri yang terdiri atas terpineol, terpinil asetat, sineol, alfa borneol, dan beta kamfer. Di samping itu biji juga mengandung minyak lemak, protein, kalsium oksalat, dan asam kersik. Dengan penyulingan dari biji diperoleh minyak atsiri yang disebut Oleum Cardamomi yang digunakan sebagai stimulans dan pemberi aroma.
Sumber: http://www.sakadoci.com/2017/12/zat-aktif-pada-kapulaga-dan-manfaatnya.htmlhttp://www.nangimam.com/2014/03/kandungan-ilmiah-dan-manfaat-kapulaga.html

2. Black Pepper



  *History
  Tanaman lada (Piper nigrum Linn) berasal dari daerah Ghat Barat, India.  Demikian juga, tanaman lada yang sekarang banyak ditanam di Indonesia ada kemungkinan berasal dari India. Sebab pada tahun 110 SM – 600 SM banyak koloni Hindu yang datang ke Jawa. Mereka itulah yang diperkirakan membawa bibit lada ke Jawa. Pada abad XVI, tanaman lada di Indonesia baru diusahakan secara kecil-kecilan (Jawa). Tetapi pada abad XVIII, tanaman tersebut telah diusahakan secara besarbesaran (Anonim, 1980).


  *Nutrient Content
  Lada hitam memiliki kandungan nutrisi yang mengejutkan, di antaranya antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan senyawa seperti likopen, karoten, zea-xanthin, dan cryptoxanthin yang membantu menghilangkan radikal bebas yang merusak, sehingga mencegah terjadinya kanker, masalah hati, dan penyakit kardiovaskuler.


  *Function
  Berikut ini Manfaat lada hitam bagi kesehatan dan kecantikan yang dikutip dari situs Boldsky.com:
1. Mencegah Kanker
  Menurut studi dari Michigan Cancer Center bahwa lada hitam ini dapat memberikan reaksi baik bagi penyembuhan kanker payudara. Didalam lada hitam ini terdapat zat yang dinamakan dengan piperine yang fungsinya membantu mencegah perkembangan dari sel kanker payudara.
 Lada hitam juga mengandung vitamin C, Vitamin A, Flavonoid, karoten dan aneka antioksidan lain yang bisa membatu mengatasi radikal bebas di dalam tubuh.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan
  Lada hitam ternyata bisa mengatasi masalah pencernaan seperti kembung, susah buang air besar, diare atau mual. Caranya cukup campurkan lada hitam sedikit saja untuk bumbu masakan, dan dalam waktu singkat akan dapat mengatasi masalah pencernaan.

3. Menurunkan Berat Badan
  Berdasarkan penelitian lada hitam mengandung phytonutrient yang dapat menghancurkan sel-sel lemak yang ada didalam tubuh Anda.

4. Mencegah Jerawat
  Untuk mengatasi jerawat bisa gunakan lada hitam dengan cara dijadikan masker alami. Sebagai scrub, lada hitam bisa menghilangkan sisa-sisa sel kulit mati, memperlancar jalan oksigen didalam kulit,dan menutrisi kulit serta menjadi antibakteri bagi penyebab jerawat.

5. Mengurangi ketombe
  Lada hitam yang berfungsi sebagai antibakteri dan anti peradangan dapat juga membantu untuk membunuh bakteri pada kulit kepala. Makanya tak heran jika lada hitam ini juga mencegah pertumbuhan ketombe.

6. Menyembuhkan demam dan flu
  Lada hitam dapat melegakan hidung dan tenggorokan, serta tubuh bisa menjadi lebih rileks. Caranya adalah dengan menambahkan lada hitam pada semangkuk sup.

   *Characteristic
  Ladahitam (Piper Nigrum Linn) adalah tumbuhan hijau yang tumbuh bertahun-tahun yang menghasilkan buahseperti beri dan memiliki aroma yang pedas / tajam. Awalnya diketahui sebagai “pamienta” atau “paminta” yang merupakan golongan dari family Piperaceae. Lada hitam mempunyai beberapa ciri – ciri seperti, daun yang tebal dengan warna hijau dan bentuk seperti telur. Tanaman lada hitam juga memiliki bunga yang bewarna putih dan panjang yang menghasilkan buah – buah pendek yang menggelantung dengan panjang 4 sampai 12 cm. Buah yang dihasilkan seperti beri bewarna hijau ketika mentah dan berubah menjadi merah ketika matang. Lada hitam tersedia dalam warna hitam dan putih. Lada hitam dibuat dengan  proses men-drying atau menjemur buah yang matang maupun yang  belum matang dibawah sinar matahari. Sedangkan untuk lada putih digunakan proses perendaman dan pengelupasan kulit luarnya sebelumdipanaskan.

 
 
3. BUTTER




          Mentega adalah produk susu yang mengandung 80% butterfat (dalam produk komersial) yang padat saat dingin dan pada suhu kamar di beberapa daerah dan cair saat dipanaskan. Hal ini dibuat dengan mengaduk krim segar atau fermentasi atau susu untuk memisahkan lemak mentega dari buttermilk. Biasanya digunakan sebagai penyebar pada produk roti polos atau roti panggang dan bumbu pada sayuran yang dimasak, juga dalam memasak, seperti pembuatan kue, saus, dan penggorengan. Mentega terdiri dari butterfat, protein susu dan air, dan dalam beberapa jenis, ditambahkan garam. Mentega juga bisa dijual dengan tambahan perasa, seperti mentega bawang putih.

         Paling sering terbuat dari susu sapi, mentega juga bisa diproduksi dari susu mamalia lain, termasuk domba, kambing, kerbau, dan yak. Garam seperti garam susu, perasa dan pengawet kadang ditambahkan ke mentega. Mentega rendering menghasilkan mentega atau ghee yang telah diklarifikasi, yang hampir seluruhnya mengandung lemak mentega.

Mentega adalah emulsi air dalam minyak yang dihasilkan dari inversi krim; Dalam emulsi air dalam minyak, protein susu adalah pengemulsi. Mentega tetap menjadi padat saat didinginkan, namun melembutkan konsistensi yang menyebar pada suhu kamar, dan meleleh ke konsistensi cairan tipis pada 32-35 ° C (90-95 ° F). Kepadatan mentega adalah 911 g / L (0,950 lb per liter AS). [1] Ini umumnya memiliki warna kuning pucat, namun bervariasi dari kuning ke dalam sampai hampir putih. Warna yang tidak dimodifikasi bergantung pada pakan dan genetika hewan namun biasanya dimanipulasi dengan pewarna makanan dalam proses pembuatan komersial, yang paling umum adalah annatto atau karoten.

         Kata mentega berasal (melalui bahasa Jerman) dari butiran Latin, [2] yang merupakan latinisasi bahasa Yunani βούτυρον (bouturon). [3] [4] Ini mungkin merupakan konstruksi yang berarti "keju sapi", dari βοῦς (bous), "sapi, sapi" [5] + τυρός (turos), "keju". [6] [7] Namun demikian, bentuk awal dari batang kedua, turos ("keju"), adalah bahasa Yunani Mycenaean, ditulis dalam skrip silabus Linear B sebagai 𐀶𐀫. [8] Akar kata tetap ada dalam nama butyric acid, senyawa yang ditemukan dalam mentega tengik dan produk susu seperti keju Parmesan.

         Penggunaan umum, istilah "mentega" mengacu pada produk susu yang menyebar saat tidak memenuhi syarat oleh deskriptor lainnya. Kata itu biasa digunakan untuk menggambarkan produk sayuran atau biji-bijian dan kacang tanah murni seperti selai kacang dan mentega almond. Hal ini sering diterapkan untuk menyebarkan produk buah seperti mentega apel. Lemak seperti cocoa butter dan shea butter yang tetap solid pada suhu kamar juga dikenal sebagai "butters". Selain menerapkan mentega yang disebut "mentega", item non-susu yang memiliki konsistensi mentega susu dapat menggunakan "mentega" untuk memperhatikan konsistensi itu, termasuk makanan seperti mentega mapel dan mentega penyihir dan barang bukan makanan seperti mentega bawah bayi, mentega hyena, dan mentega batu.

        Susu dan krim yang tidak berenergi mengandung lemak mentega dalam globules mikroskopik. Gumpalan ini dikelilingi oleh membran yang terbuat dari fosfolipid (pengemulsi asam lemak) dan protein, yang mencegah lemak dalam susu dari penyatuan menjadi satu massa tunggal. Mentega diproduksi dengan krim agitasi, yang merusak selaput ini dan memungkinkan lemak susu menyatu, memisahkan bagian krim lainnya. Variasi dalam metode produksi akan membuat butters dengan konsistensi yang berbeda, terutama karena komposisi lemak susu dalam produk jadi. Mentega mengandung lemak dalam tiga bentuk terpisah: butterfat gratis, kristal mentega, dan gumpalan lemak yang tidak rusak. Dalam produk jadi, proporsi bentuk yang berbeda ini menghasilkan konsistensi yang berbeda dalam mentega; mentega dengan banyak kristal lebih sulit daripada mentega yang didominasi oleh lemak bebas.

       Mengocok menghasilkan butir mentega kecil yang mengambang di bagian krim yang berbasis air. Cairan berair ini disebut buttermilk-meskipun buttermilk paling umum saat ini bukan susu skim yang difermentasi secara langsung. Buttermilk dikeringkan; Terkadang lebih banyak buttermilk dilepas dengan membilas butiran dengan air. Kemudian biji-bijian "bekerja": ditekan dan diremas bersama. Saat disiapkan secara manual, hal ini dilakukan dengan menggunakan papan kayu yang disebut scotch hands. Ini mengkonsolidasikan mentega ke dalam massa padat dan memecah kantong plastik mentega atau air menjadi tetesan kecil.

Mentega komersial sekitar 80% lemak mentega dan 15% air; Mentega yang dibuat secara tradisional mungkin memiliki sedikit 65% lemak dan 30% air. Butterfat adalah campuran trigliserida, triester yang berasal dari gliserol dan tiga dari beberapa gugus asam lemak. [9] Mentega menjadi tengik saat rantai ini pecah menjadi komponen yang lebih kecil, seperti asam butirat dan diasetil. Kepadatan mentega adalah 0,911 g / cm3 (0,527 oz / in3), kira-kira sama dengan es.

         Di beberapa negara, mentega diberi nilai sebelum distribusi komersial.

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Mentega :

Nama Bahan Makanan : Mentega

Nama Lain / Alternatif : Butter

Banyaknya Mentega yang diteliti (Food Weight) = 100 gr

Bagian Mentega yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %

Jumlah Kandungan Energi Mentega = 725 kkal

Jumlah Kandungan Protein Mentega = 0,5 gr

Jumlah Kandungan Lemak Mentega = 81,6 gr

Jumlah Kandungan Karbohidrat Mentega = 1,4 gr

Jumlah Kandungan Kalsium Mentega = 15 mg

Jumlah Kandungan Fosfor Mentega = 16 mg

Jumlah Kandungan Zat Besi Mentega = 1 mg

Jumlah Kandungan Vitamin A Mentega = 3300 IU

Jumlah Kandungan Vitamin B1 Mentega = 0 mg

Jumlah Kandungan Vitamin C Mentega = 0 mg

Khasiat / Manfaat Mentega : - (Belum Tersedia)

Huruf Awal Nama Bahan Makanan : M

Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Keterangan :

Riset/penelitian pada Mentega yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi. Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan pada informasi daftar komposisi bahan makanan Mentega ini. Semoga informasi kandungan gizi/nutrisi Mentega ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Garnish

Topic 1: Daily Activity (Indonesian version)16 april 2019

Terminologi Recipe 1.1