Terminologi 1

  CAKE TERMINOLOGI

1. BLACK FOREST


 Kue Black Forest (Bahasa Jerman: Schwarzwälder Kirschtorte) adalah jenis kue khas jerman yang paling dikenal di dunia. Kue ini terbuat dari bolu coklat yang dilapisi krim segar, serutan coklat dan ceri yang direndam dalam Kirschwasser, schnaap ceri jernih khas daerah Schwarzwalder("Black Forest").Walau dikenal berasal dari daerah Black Forest, namun seorang pembuat kue dari Bad Godesberg, dekat Bonn, mengklaim menemukan resepnya pada tahun 1915. Ia kemungkinan berasal dari daerah Danau Constance, yang berada dekat Black Forest, jadi ia menamakan resep ciptaannya dari nama daerah itu.Ada beberapa teori yang menyebutkan tentang asal usul kue ini. Pertama serutan coklat di atas kue mungkin melambangkan Black Forest. Kedua, mungkin karena namanya mengandung kata Kirschwasser yang merupakan ciri khas daerah Black Forest. Ketiga, ada yang mengatakan bahwa namanya berasal dari pakaian tradisional wanita Black Forest yang berwarna hitam dengan blus putih dan topi putih dan bola-bola merah yang melambangkan buah ceri
sumber:  https://id.wikipedia.org/wiki/Kue_Black_Forest




2.  PIE

Pie adalah jenis pastry yang populer di Amerika. Hidangan panggang ini konon ditemukan sejak jaman Mesir kuno. Pada jaman Romawi dan pada abad Pertengahan, pie digunakan sebagai pembungkus daging dan bahan-bahan lainnya agar tetap lembap selama dimasak dan agar isinya kedap udara serta tidak mudah basi. Bahan kulit pastry ini keras dan padat, terbuat dari tepung terigu, suet (lemak daging sapi), telur dan bahan lainnya.

Namun seiring dengan perkembangan dunia kuliner, lambat laun kulit pie pun diciptakan sedemikian rupa dengan komposisi tepung terigu yang telah ditentukan, sehingga kulit pie dapat ikut dikonsumsi bersama isinya.

Berkat keunikan cita rasanya, pie pun akhirnya menyebar ke suluruh penjuru Eropa termasuk Inggris. Awalnya, pie termasuk hidangan utama yang berisi daging, baik daging sapi atau kambing. Akibat perkembangan dunia kuliner dan resep roti, pie pun mulai dikenal sebagai hidangan populer. Isian pie pun menjadi beragam. 
Di sekitar tahun 1500an, resep kue pie mulai bertransformasi dengan memakai berbagai jenis buah-buahan sebagai isinya. Setelah populer di Inggris, pie akhirnya dikenal di Amerika yang kemudian diolah sedemikian rupa hingga memiliki berbagai jenis isian. Hal ini dapat dibuktikan dari buku resep kue yang ditemukan di Amerika pada tahun 1940an, ditemukan 65 resep pie di dalamnya.
Begitu populernya, pie juga banyak dikenal di negara lainnya. Resep kue ini bukan hanya dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari, namun juga sebagai salah satu menu andalan untuk bisnis makanan. 

Sumber: http://tau-sejarah.blogspot.com/2013/04/sejarah-awal-mula-pie-dan.html


3.PIE SUSU


Pie susu diperkenalkan pada 1940-an oleh Tengs cha Chaan di Hong Kong. Pie susu lalu diperkenalkan di cafe-cafe dan toko-toko roti Barat untuk bersaing dengan restoran dim sum, terutama yum cha. Selama ledakan ekonomi tahun 1950-an dan 1960-an, Lu Yu Teahouse memimpin dengan mini pie susu nya.
Sebuah teori menyatakan bahwa kue pie susu yang berasal dari Hong Kong sebenarnya mengadaptasi tart custard yang berasal dari Inggris. Canton yang memiliki kontak dengan Inggris disebut-sebut sebagai awal mula proses adaptasi ini. Apalagi sebagai bekas koloni Inggris, Hong Kong juga mengadopsi beberapa makanan Inggris, sehingga makin memperkuat teori pie susu yang berasal dari Inggris.
Sementara itu teori lain menyatakan bahwa pie susu sangat mirip dengan kue asal Portugis. Kue mirip pie susu asal Portugis itu memiliki nama pastel de nata. Teorinya, kue ini hinggap di Hong Kong via koloni Portugis yang berada di Makau.
Perkembangan pie susu sebagai masakan Hong Kong
Dalam masakan Hong Kong modern, pie susu hadir dalam berbagai variasi seperti pie susu, pie madu telur, pie putih telur, pie coklat, pie green tea dan pie jahe. Semua jenis pie susu ini merupakan variasi dari pie susu tradisional yang disajikan di Tengs cha Chaan.
Pinggiran atau bagian kerak luar dari pie susu Hong Kong ini secara keseluruhan memiliki dua jenis: shortcrust pastry atau puff pastry. Pembuatan pie susu Hong Kong ini lebih menggunakan lemak babi daripada shortening atau mentega. Kalau jenis pie susu Hong Kong ini sih sudah pasti tidak halal ya.
sumber:  http://tau-sejarah.blogspot.com/2013/04/sejarah-awal-mula-pie-dan.html


4.BOLU
Bolu atau kue bolu (dari bahasa Portugis: bolo; bahasa Inggris: cake) adalah kue berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula, dan telur. Kue bolu dan cake umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus. Cake yang dihias dengan lapisan (icing) dari krim mentega (buttercream), fondant, atau marzipan disebut kue tart (kue tarcis).
Cake berhias (kue tart) atau tanpa hiasan digunakan sebagai makanan penutup atau hidangan istimewa resepsi pernikahan atau pesta ulang tahun. Dalam resepsi pernikahan ala Barat dan pesta ulang tahun, upacara pemotongan kue tart merupakan salah satu acara. Di Indonesia, nasi tumpeng sering menggantikan peran cake sebagai makanan istimewa dalam berbagai upacara peringatan. Acara pemotongan kue juga sering digantikan acara pemotongan tumpeng.
Cake berukuran besar dengan bentuk persegi empat atau bundar dimaksudkan untuk dipotong-potong ketika dijual atau disajikan. Kue bolu yang digulung dan berisi krim mentega atau selai disebut bolu gulung. Berbagai macam puding juga menggunakan bahan dasar potongan kue bolu yang diletakkan di dasar loyang sebelum disiram dengan agar-agar

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Bolu

5.CHEESE CAKE
 

Cheesecake (bahasa indonesia: "kue keju") adalah kue yang biasanya dimakan sebagai hidangan penutup dan dibuat dengan mencampurkan keju yang bertekstur lembut, telur, susu dan gula. Keju yang umumnya digunakan untuk membuat cheesecake adalah keju krim, namun dapat juga digunakan keju lainnya seperti cottage cheese, ricotta, mascarpone, neufchatelo ataupun keju quark. Cheesecake umumnya diberi hiasan buah segar, krim dan lapisan gula. Bagian dasar dari cheesecake dapat diisi dengan biskuit graham, kacang yang dihancurkan, ataupun bahan lainnya yang bertekstur rapuh. Walaupun disebut cake atau bolu, cheesecake bukan merupakan sejenis kue bolu melainkan dapat dikategorikan sebagai pai atau custard yaitu campuran telur dan susu yang dipanggang atau dimasak dengan air panas dan menjadi kental akibat proses koagulasi protein telur. Cheesecake dapat dipanggang ataupun tidak dipanggang. Cheesecake yang menggunakan telur umumnya dipanggang untuk mematangkan telur tersebut. Sementara itu, gelatin digunakan untuk cheesecake yang tidak dipanggang. Baik dipanggang ataupun tidak, cheesecake harus disimpan di lemari es terlebih dahulu sebelum disajikan

sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Cheesecake

6.  BAGUETTE

Image result for baguette


Di Prancis, roti ini disebut baguette (dibaca baget). roti yang bagian luarnya keras dan bagian dalamnya lunak in sudah dikenal di Austria sejak abad ke-19. oven uap yang dipakai untuk membuat roti seperti itu memang diciptakan di Vienna, Austria, pada abad ke-19. ketika itu baguette yang dikenal berbentuk bulat.
Bentuk beguette mulai berubah pada bulan Oktober 1920. saat itu mincul undang-undang yang melarang penduduk Vienna membakar roti sebelum pukul 4 pagi. padahal, jika roti baru dibakar pada pukul 4 pagi, maka penduduk tidak akan bisa sarapan roti. pembat roti lalu mencari cara agar rotinya bisa lebih cepat matang. mereka lalu mengubah bentuk baguette menjadi panjang. dengan bentuk baru itu, baguette menjadi cepat matang.
Selain itu, ada juga cerita tentang baguette di Prancis. pada abad ke-19, ketika Napoleon Bonaparte melawan Rusia, ia memerintahkan tentaranya untuk membaawa baju lebih banyak. akibatnya, tas mereka hampir penuh dengan pakaian dan hanya menyisakan sedikit ruang untuk bekal. maka pembuat roti menyiapkan roti panjang seperti tongkat, yang bisa dimasukka ke dalam kantong celana tentara.
 7. BREAD STICK
Image result for BREADSTICK
Breadsticks umumnya adalah potongan tongkat kering yang berasal dari Turin dan daerah sekitarnya di Italia Mereka awalnya dianggap telah diciptakan pada abad ke-14; Meskipun menurut tradisi setempat, mereka ditemukan oleh tukang roti di Lanzo Torinese (Italia utara) pada tahun 1679.

Bread sticks mungkin ditawarkan di meja di restoran sebagai makanan pembuka . Dalam beberapa kasus atau wilayah mereka mungkin tipe yang lebih besar dari ukuran pensil. Mereka juga dapat dikombinasikan dengan bahan-bahan seperti prosciutto sebagai hors d'œuvre . Di banyak breadsticks restoran Amerika Utara sering diatapi saus bawang putih dan keju parmesan saat disajikan sebagai makanan pembuka; Sebagai makanan penutup , mereka sering diatapi gula kayu manis dan icing.

Kawasan yang mengkonsumsi breadsticks meliputi Amerika , Eropa (terutama Spanyol, Italia dan Yunani), dan sebagian Asia .Pre-made, breadsticks kering terkadang dijual di pasar sebagai makanan ringan atau makanan pre-meal untuk keperluan rumah tangga, agak mirip dengan cracker.

SUMBER:

8.  CIABATTA
 Image result for CIABATTA

Ciabatta adalah roti putih Italia yang terbuat dari tepung terigu , air , garam , dan ragi , dibuat pada tahun 1982 oleh seorang tukang roti di Verona , Veneto , Italia , sebagai tanggapan atas popularitas baguette Perancis. Ciabatta agak memanjang, luas, dan datar, dan dipanggang dalam banyak variasi.

Sementara panino menunjukkan sandwich apa pun terlepas dari roti yang digunakan (apakah irisan atau roti), sandwich panggang yang terbuat dari roti kecil ciabatta dikenal dengan panini (jamak panino) di luar Italia.

Ciabatta pertama kali diproduksi pada tahun 1982 oleh Francesco Favaron, seorang tukang roti dari Verona , bekerja sama dengan Molini Adriesi yang menyediakan tepung untuk menghasilkan roti. Favaron menamai roti ciabatta saat ia mengatakan bahwa bentuk roti itu mengingatkannya pada sandal (ciabatta) istrinya Andreina.
Cavallari, pemilik Molini Adriesi, menyebut roti ciabatta polesana setelah Polesine , daerah tempat dia tinggal, dan mendaftarkannya sebagai merek dagang. Resep ini kemudian dilisensi oleh perusahaan Cavallari, Molini Adriesi, ke tukang roti di 11 negara pada tahun 1999. 

Banyak daerah memiliki variasi sendiri pada resep asli atau roti yang sangat mirip dengan ciabatta dan telah diterima sebagai varietas ciabatta; ciabatta dari daerah yang meliputi Danau Como memiliki kerak yang tajam, tekstur yang agak lembut, berpori, dan ringan saat disentuh.

Ciabatta yang ditemukan di Tuscany , Umbria , dan Marche bervariasi dari roti yang memiliki kerak padat dan remah padat, hingga roti yang memiliki kerak yang rata dan tekstur yang lebih terbuka, dan di Roma , sering dibumbui dengan marjoram . Variasi baru resep terus dikembangkan. Kompor ciabatta utuh dikenal dengan nama ciabatta integrale , dan saat susu ditambahkan ke adonan , ia menjadi ciabatta al latte .

Cavallari dan tukang roti lainnya di Italia prihatin dengan popularitas sandwich yang dibuat dari baguettes yang diimpor dari Prancis , yang membahayakan bisnis mereka dan karenanya berusaha menciptakan alternatif Italia untuk membuat sandwich. Resep untuk ciabatta muncul setelah beberapa minggu mencoba variasi resep roti tradisional dan terdiri dari adonan basah yang lembut yang dibuat dengan tepung gluten tinggi.

Roti Ciabatta diperkenalkan ke Inggris pada tahun 1985 oleh Marks & Spencer, kemudian dibawa ke Amerika Serikat pada tahun 1987 oleh Orlando Bakery, sebuah perusahaan di Cleveland . Mereka membawa lebih dari tiga tukang roti dari Italia untuk mengembangkan produk dan menyesuaikannya dengan produksi massal . Mereka berhasil mengenalkan roti segar, dan kemudian, versi beku. Dengan cepat disalin ke seluruh Amerika Serikat dan tersedia secara luas di Australia sekitar saat ini, karena populasi besar orang Australia di Itali .

Bentuk yang lebih longgar, yang biasa di Amerika Serikat, dibuat dari adonan yang sangat basah, sering membutuhkan adonan mesin, dan starter biga atau penghuni pertama.
9.   FOCACCIA
 Image result for focaccia

Focaccia adalah gaya populer roti yang dibuat di Italia dan menyebar di seluruh dunia dalam masyarakat Italia sementara Ratatouille adalah hidangan tradisional Perancis direbus dengan sayuran.

Banyak sejarawan dari pandangan bahwa Focaccia berasal baik dari Etruria North Central Italia sebelum Kekaisaran Romawi atau di Yunani Kuno pada awal milenium pertama SM. Di sisi lain, pandangan yang berbeda ada tentang asal-usul yang tepat dari ratatouille, beberapa percaya itu menjadi hidangan Basque yang mencapai utara Spanyol, Perancis Selatan dan Kepulauan Balearic. Beberapa percaya bahwa itu bisa Catalonian atau Perancis hidangan.

Nama ‘Focaccia’ berasal dari kata Roman “panis focacius”. Panis hanya berarti roti sementara membuat roti sebenarnya berasal dari kata Latin 'patina’ yang berarti hidangan. Kata “ratatouille” berasal dari Perancis dan diucapkan sebagai tikus-a-Tooey. Ratatouille biasanya disajikan sebagai lauk tetapi juga dapat disajikan sebagai makanan sendiri. Ada banyak perdebatan tentang bagaimana membuat ratatouille tradisional.

The Focaccia roti cukup datar, polos dari dalam, diatapi dengan bumbu dan minyak zaitun dan kadang-kadang dengan halus irisan buah zaitun. Ratatouille biasanya disajikan sebagai sisi dan makan sendiri.Berbagai varietas focaccia tersedia dan pada abad ke-21 varietas baru telah diciptakan karena fleksibilitas dari resep dasar. Di sisi lain, ada banyak perdebatan tentang bagaimana membuat ratatouille tradisional.

Roma awal digunakan untuk menyiapkan Focaccia roti, itu secara historis tidak beragi dan resep naik secara alami dalam iklim yang tepat yang memberikan petunjuk lebih lanjut untuk asal-usulnya. Resep focaccia sebagian besar tidak diketahui di Timur Tengah, namun memiliki sejarah yang disiapkan di Turki, Italia, Yunani, Spanyol dan Perancis.

Mediterania memiliki varian lokal ratatouille tapi ratatouille benar akan dibuat hanya dengan terong, zucchini, tomat, paprika dan bawang, kemudian direbus dalam minyak zaitun dan dibumbui dengan herbes de provence.Kedua piring entah bagaimana unik, imigran Italia di Amerika Serikat pada abad ke-20 membawa resep dengan mereka untuk pizza, bruschetta, grissini dan tentu saja focaccia. Sementara Ratatouille menyebar ke seluruh dunia selama abad ke-20 dengan masakan Perancis. Ratatouille hidangan makanan tradisional petani tetapi sekarang disajikan di restoran atas dan banyak koki atas memiliki resep khusus mereka sendiri yang secara teratur menerima pujian dari para kritikus.
Sumber: http://dreams-come-in-mysterious-ways.tumblr.com/post/151501281409/sejarah-singkat-focaccia-bread-dan-ratatouille
Image result for roti canai10. ROTI CANAI

Roti canai atau lebih populer disebut roti cane diperkenalkan oleh pedagang-pedagang rempah yang datang dari Chennai, India pada tahun 1923.Roti Cane merupakan roti khas asal India, yang pembuatannya menggunakan gandum dari India, dicampur dengan sedikit rempah-rempah, dan di panggang. Cara memakan roti Cane ini terbilang unik, karena roti Cane biasanya dimakan dengan ditemani kuah kari kambing, ayam, maupun sapi. Dapat juga dimakan dengan keju, gula pasir, atau mayones. Masyarakat India mengkonsumsi roti Cane sebagai ganti nasi, karena harga beras di India cukup mahal.

Karakteristik unik dari makanan ini yaitu lapisan-lapisan tepungnya yang tidak menyatu satu sama lain dan memiliki rasa yang cenderung datar namun gurih karena berbahan dasar tepung dan lemak. Roti ini juga dikatakan sebagai cikal bakal Martabak yang berbahan dasar sama, hanya saja dengan beragam isian daging dan bumbu di dalamnya.

Roti cane berkembang di nusantara terutama di daratan Pulau Sumatera, kawasan Malaysia, bahkan China. Di Indonesia, roti cane dan kari kambing sering kali disebut-sebut sebagai makanan khas Aceh. Bumbu berempah begitu melekat dengan aneka kuliner Aceh. Buat yang ingin bikin roti cane sendiri, ini dia resepnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Garnish

Topic 1: Daily Activity (Indonesian version)16 april 2019

Terminologi Recipe 1.1