topic 5 : Food Terminologi (4)

FOOD TERMINOLOGI



1. ES TELER





Es teler adalah koktail buah asli Indonesia. Alpukat, kelapa muda, cincau, nangka, dan buah-buahan lainnya disajikan dengan santan, susu kental manis, daun Pandanus amaryllifolius (biasanya dalam bentuk sirup rasa kelapa dan pandan), gula, dan sedikit garam. Es teler merupakan minuman asli dari Jawa Tengah, Indonesia. Asal mula atau sejarah ternyata dari Kabupaten Sukoharjo. Pada tahun 1957, minuman ini muncul karena di temukan oleh Hj.Samijem Darmo Putro (Ibunda Tukiman Darmowijono), warga desa Juron, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa tengah.

Hj. Samijem dan Tukiman adalah orang pertama yang menemukannya. “Memang awalnya saya yang menemukan racikan es teler itu. Setelah itu, es teler makin banyak dimana-mana. Saya sengaja tak mematenkannya,” ujarnya.

Demi menopang hidup, keluarga Darmo Putro merantau ke Jakarta sebagai pedagang buah asongan didaerah Menteng, Jakarta Pusat. Dirasa hasil dari berdagang buah kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, keluarga Darmo Putro (Tukiman Darmowijono) lalu berinisiatif untuk menjual es buah. Seiringnya berjalannya waktu, mereka berinovasi dengan mencampurkan buah nangka, kelapa, alpokat, sirup, dan susu. Tanpa diduga, banyak orang yang suka dengan campuran berbagai buah tersebut.

Nama itu diambil dari ungkapan seorang pelanggan yang mengatakan “esnya bikin teler“. Dari ungkapan tersebut es teler dirasa cocok sebagai nama minuman lezat ini.

Bermodalkan keberanian, tekat, dan sedikit uang, keluarga darmo putro lalu membuka warung makan didaerah Cikini, Jakarta Pusat di kawasan metropol Megaria. Rumah makan tersebut diberi nama Es Teler Sari Mulia Asli. Dirumah makan ini, menyediakan juga Ayam Goreng, Bakso, Siomay, dan berbagai aneka minuman. Dan usaha keluarga Darmo Putro berkembang hingga sekarang.

Hingga kini beliau telah memiliki 7 cabang yang telah dibangunnya. Tak tanggung-tanggung pelanggannya pun banyak dari kalangan artis dan politisi terkenal, seperti Rieke Dyah Pitaloka, Jarwo Kuat, Puan Maharani, Faisal Basri, Gatot Amrih yang juga mantan Bupati Sukoharjo, dan tidak ketinggalan sejumlah kerabat serta Keluarga Cendana (keluarga mantan Presiden Soeharto). Beliau juga pernah diundang Ebeth Kadarusman yang juga menjadi salah satu pelanggan setia es telernya, untuk mengikuti siaran di televisi pada tahun 1993.

Tak mau dianggap lupa dengan kampung halaman, Keluarga Darmo Putro juga membuka rumah makan di Sukoharjo, di Jl. Raya Veteran No.30. Sebagai destinasi kuliner, pada tahun 2005 Es Teler resmi dijadikan minuman khas Sukoharjo oleh Bambang Riyanto Bupati Sukoharjo yang menjabat waktu itu 2005.


https://id.wikipedia.org/wiki/Es_teler
 2. PISANG IJO 




Es pisang ijo terbuat dari pisang raja utuh yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau dan proses memasaknya dikukus. Pisang raja dipilih sebagai bahan dasar pisang ijo karena tekstur pisang raja yang padat meskipun dalam keadaan sangat matang.

Pisang Ijo disajikan dengan es serut, sirop rasa pisang ambon, dan saus santan secukupnya. Jika pisang dalam balutan adonan hijau tadi dipotong-potong, dalam semangkuk es pisang ijo terciptalah warna meriah: hijau, kuning, pink, dan putih.


http://makassar.tribunnews.com/2017/10/26/es-pisang-ijo-aslinya-dari-makassar-yuk-kenali-sejarahnya
3. BOLOGNAISE
Merupakan saus berbahan dasar daging , yang berasal dari Bologna Italia, maka namanya. Dalam masakan italia, biasanya digunakan untuk berpakaian tagliatelle ragu dan menyiapkan lasagne alla bolognese.
  

4. CREME BRULEE




Crème brûlée adalah hidangan penutup yang berasal dari Perancis; secara harfiah namanya berarti “Krim Gosong” (burnt cream). Hidangan ini sangat populer karena rasanya yang lezat dan cara pembuatannya yang simpel. Susu, kuning telur, dan gula merupakan bahan utama untuk membuat Crème brûlée.
5.  TRUFFLES
 
 Kata truffle memiliki beberapa arti di dunia permen. Secara umum, ketika Anda mendengar kata, Anda harus menjelaskan apa yang di bahas. Itu karena kata yang sama dapat memiliki makna berbeda di berbagai negara. Sebuah penemuan Perancis, cokelat truffle asli adalah sebuah bola ganache
(guh-Nosh), sering dibumbui dan digulingkan di kakao.Hal ini dinamakan jamur truffle yang berwarna hitam karenakemiripan fisik.
6.  TAGLIATELLE






 Pasta adalah makanan olahan yang digunakan pada masakan Italia, dibuat dari campuran tepung terigu, olive oil, telur, dan garam yang membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk. ... Dalam arti luas, "pasta" bisa berarti semua adonan seperti adonan roti, pastry, atau cake.
7. GRAVY


Gravy adalah sebutan untuk saus tradisional yang digunakan pada masakan yang dipanggang, seperti kentang panggang, daging panggang, atau sayuran rebus dengan tambahan puding. ... Custard adalah saus manis dari telur dan gula yang digunakan sebagai saus makanan penutup.
8.  ROAST





 Roast adalah, metode memasak yang menggunakan unsur panas, yang berasal dari tempat terbuka, oven, atau sumber panas lainnya.
9. SPAETZLE
Secara harfiah diterjemahkan dari bahasa Jerman "burung pipit kecil",spaetzle adalah hidangan mie kecil atau kue yang dibuat dengan tepung, telur, air atau susu, garam dan kadang-kadang pala. Spaetzle adonan dapat menjadi cukup kuat untuk digulung dan potong menjadi irisan atau lembut cukup untuk dapat dipaksa masuk melalui saringan atau saringan dengan lubang yang besar. Kecil potongan adonan biasanya direbus sebelum dilempar dengan mentega atau ditambahkan ke sup atau hidangan lainnya. Di Jerman, spaetzle disajikan sebagai lauk seperti kentang atau nasi, dan sering disertai dengan saus atau saus. 
10. MACEDOINE
 Macedoine adalah , Potongan sayuran berbentuk dadu 1 x 1 x 1 cm. paling sering digunakan untuk pembuatan soup dan appatizer.
 
Diposting

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Garnish

Topic 1: Daily Activity (Indonesian version)16 april 2019

Terminologi Recipe 1.1