topic 1: Daily Activity(30 januari 2020)


    halooo...
  Hari ini merupakan hari keempat kami praktek .Kegiatan yang kita lakukan adala hyang seperti biasa yaitu pertama kita line up dan diabsen, kemudian kami membahas tentang pekerjaan yang akan kita lakukan. Hari ini lunch buka jam 11.20 , tetapi sewaktu kami sementara prepare kami kembali disruh untuk line up oleh chef dino untuk membahas menu yang kami lakukan yaitu europan buffet.

    Kami dijelaskan tentang europan buffet mulai dari appetize sampai dengan dessert. Karena kelompok kami mendapatkan menu appetizer yaitu macedoine of vegetable mayonaise dan juga jellied fruit salad , dan juga kami mendaptkan horse d'ouvre monte cristo sandwich dan juga club sandwich.Chef dino menjelaskan cara pengolahan makanannya dan juga cara platting, platting ada 3 macam yaitu classic, modern, nouvetele

      Kemudian setelah itu kami melanjutkan preparean kami , untuk macedoine vegetable karena kemarin sudah di blanch jadi hari ini tinggal finishing saja karena merupakan appetizer yang bertekstur dingin , untuk mayonaisenya dicampurkan last minuted , jadi dicampur ketika sudah ingin diserve.



kemudian untuk jellied fruit salad ,kemarin sudah di dinginkan jadi tinggal finishing juga.



Untuk monte cristo sandwich menggunakan toast bread yang kemarin telah dibuat dan tinggal di slice kemudian untuk campurannya menggunakan smoked beef dan juga cheese slice .Kemudian rotinya direndam pada campuran susu dan telur . kemudian di pan seard kembali . Dan di platting.

dan terakhir untuk club sandwich, rotinya di pan seard terlebih dahulu menggunakan butter . Kemudian tata roti,dengan susunan roti mayonaise, selada, tomat, chicken breast slice, beef bacon dan tutup kembali menggunakan roti yang sudah diolesi menggunakan mayonaise. Dan potong menjadi bentuk segitiga dan tusuk menggunakan tusuk gigi dan terakhir di platting.
Kemudian setelah itu kami general cleaning seperti biasanya, kami tidak melakukan prepare untuk besok karena besok merupakan hari jumat , jadi restaurant tidak buka. Dan untuk oriental buffet akan di lanjutkan pada dua minggu depan. karena minggu depan kami kelas teori. Setelah general cleaning kami line up dan setelah itu kami pulang.



English Version
 Today is our fourth day of practice. The activities we do are as usual, first we line up and be absent, then we discuss the work we will do. Today lunch opens at 11:20, but while we are preparing we are again called for a line up by Chef Dino to discuss about the menu that we do, which is European Buffet.


    Chef Dino explained all about the europan buffet, from appetize to dessert. Because our group got an appetizer menu that is macedoine of vegetable mayonnaise and jellied fruit salad, and also we got a horse d'ouvre monte cristo sandwich and also a club sandwich. Chef dino explained how to process the food and also how to platting, there are 3 kinds of classic, namely classic , modern, nouvetele


      Then after that we continue our preparation, for macedoine vegetables because yesterday it has been blanched, so today it is just a finishing because it is a cold textured appetizer, for the mayonnaise mixed with last minuted, so it is mixed when it wants to be stored.
then for jellied fruit salad, yesterday it was cooled down, so all that's left is finishing.
For monte cristo sandwich using toast bread that was made yesterday and living in the slice then for the mixture using smoked beef and cheese slice. Then the bread is soaked in a mixture of milk and eggs. then pan seard again. And the platting.


and lastly for club sandwich, the bread  first using butter and then pan seard. Then arrange the bread, with a composition of mayonnaise bread, lettuce, tomatoes, chicken breast slice, beef bacon and cover again using bread that has been smeared with mayonnaise. And cut it into triangles and sticks using toothpicks and finally in platting.

Then after that we do general cleaning as usual, we don't prepare for tomorrow because tomorrow is Friday, so the restaurant is not open. And the oriental buffet will be continued in the next two weeks. because next week we have a theory class. After our general cleaning line up and after that we go home
.


Terminologi Club Sandwich

Bersumberkan dari buku Sandwich: A Global History karya Bee Wilson, “pencipta” roti legendaris ini adalah seorang bangsawan asal Inggris bernama John Montagu, Earl keempat dari Sandwich! Ya, dari daerah kekuasaan bangsawan inilah nama roti ini berasal. Tapi tunggu dulu, berikut adalah ceritanya!
Alkisah, sang bangsawan punya banyak kesibukan yang tidak memungkinkan ia meninggalkan meja kerjanya (ataupun meja permainannya saat ia bermain “kartu” dengan teman-temannya). Maka ia menginstruksikan para ajudannya untuk menyiapkan roti yang sudah diisikan terlebih dahulu dengan bermacam-macam bahan, dengan tujuan agar langsung bisa menikmatinya.
Ini merupakan kebiasaan yang berbeda di masa itu ketika orang-orang biasanya memadankan bahan-bahan yang terpisah dengan rotinya sebelum menikmatinya. Inilah perbedaan utamanya, dan meskipun terdengar konyol tapi di sinilah sejarah diukir. Kebiasaan ini kemudian dilanjutkan para bangsawan ataupun pejabat lainnya yang terlampau sibuk bekerja dan bermain. Hingga pada akhirnya panganan ini diakui keluarga kerajaan ketika Raja George III bersama istri dan 15 anaknya selalu membekali diri mereka dengan sandwich saat melancong.

Roti sandwich di masa modern

Pada tahun 1920an, seorang Otto Rohweder dari Iowa di Amerika Serikat berjasa sebagai penemu mesin yang bisa memotong roti secara rapi. Dari sinilah berbagai toko roti di Barat mulai mengadopsi bentukan roti yang telah dipotong rapi. Namun baru di tahun 1960an, sandwich isi mulai dijual secara umum di Inggris dan penjualan sandwich mencapai angka 8 milyar pound pada 2017 di negeri ini.
Kini, roti sandwich tampil dalam beragam bentuk dan isian. Dari yang paling simpel sebatas roti putih berbentuk kotak yang diisikan selai kacang dan jelly, hingga yang diisikan berbagai jenis daging dan sayuran. Di antaranya yang paling terkenal adalah BLT (bacon, lettuce, tomato) asal Australia, ataupun cheesesteak, bologna, grilled cheese, hingga club sandwich yang berisikan komplit dengan mayones asal Amerika Serikat.
Masih dari negeri Paman Sam, para imigran juga menciptakan resep sandwich seperti Reuben (kornet sapi, sauerkrautkeju, salad dressing dan roti rye lalu dipanggang). Tidak ketinggalan dari Inggris juga terdapat beberapa jenis sandwich yang isiannya mungkin tidak seberagam di Amerika Serikat, namun biasa dipadankan dengan sesi makan pagi lengkap ataupun high tea time. 
Namun bagaimanapun jenis sandwich-nya, kita tidak boleh melupakan bahwasanya kultur ini berasal dari Timur Tengah. Misalnya saja ada doner kebab dari Turki, shawarma dari wilayah Syam (Suriah, Libanon, Palestina, dan Yordania). Hingga kini sejauh Asia Tenggara ataupun Jepang juga sudah mengenai bentuk roti sandwich mereka masing-masing. Misalnya saja roti john yang terkenal di Singapura, Malaysia dan Indonesia, banh mi dari Vietnam, serta tentunya katsu sando yang sangat populer dari Jepang.

sumber https://www.masakapahariini.com/makanan-gaya-hidup/sejarah-unik-roti-sandwich/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Garnish

Topic 1: Daily Activity (Indonesian version)16 april 2019

Terminologi Recipe 1.1